Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Selasa, 20 Maret 2018

Cara Konfigurasi TCP/IP Di Linux Ubuntu

TCP/IP merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol and Internet Protocol. TCP/IP ini digunakan untuk komunikasi antar jenis komputer yang menggunakan tipe yang berbeda namun terhubung dalam satu jaringan komputer. TCP/IP ini dikembangkan pada tahun 1970 oleh DARPA (Defense Research Projects Agency). Dengan menggunakan protocol ini semua perangkat komputer dapat saling terhubung kerena TCP/IP ini memang digunakan untuk komunikasi data-data di komputer. Untuk itu jaringan komputer memerlukan cara konfigurasi TCP/IP di Linux dengan konfigurasi yang benar. Konfigurasi TCP/IP ini akan menjadi dasar bagi aplikasi lain yang memanfaatkan jaringan Linux. Apabila terjadi kesalahan dalam mengkonfigurasi TCP/IP maka aplikasi lain yang menggunakan TCP/IP tidak akan bisa berjalan dengan benar.
TCP/IP terdiri dari dua komponen utama yang berhubungan dengan aspek-aspek yang berbeda di jaringan komputer. Pada bagian TCP memiliki tugas untuk memungkinkan host agar membuat koneksi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk bertukar data. bagian IP merupakan koneksi yang connectionlessyang bertujuan untuk me-routing paket network menggunakan datagram IP sebagai unit pokok dari informasi jaringan. Datagram IP terdiri dari sebuah header yang diikuti dengan sebuah pesan tertentu.

Konfigurasi TCP/IP

Ada beberapa cara konfigurasi TCP/IP di Linux yang bisa anda lakukan, yaitu dengan konfigurasi melalui terminal dan konfigurasi melalui tampilan interface. Berikut ini akan saya bahas satu per satu pada pembahasan dibawah ini.

Konfigurasi Melalui Terminal

Cara yang paling mudah dan cepat untuk mengkonfigurasi TCP/IP adalah konfigurasi melalui terminal. Konfigurasi TCP/IP di Linux Ubuntu adalah dengan mengedit file dalam direktori /etc/network/interfaces. Didalam file ini terdapat atribut TCP/IP komputer anda. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan sistem operasi windows tentu akan bingung karena file ini tidak memiliki ekstensi .txt atau .nfo seperti yang ada pada windows. Apabila anda membuka file interface tersebut dengan menggunakan software editor seperti gedit, vi, atau pico maka anda bisa melihat tampilan teks-teks yang ada didalamnya dan teks-teks itulah yang nantinya akan anda edit. Sebagai contoh, jika anda akan mengkonfigurasi ethernet bernama eth0 maka anda perlu membuka file tersebut dan mengedit beberapa bagian yang ada. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.
  1. Klik menu Aplication, kemudian pilih Accessories, lalu pilih Terminal
  2. Pada jendela Terminal, masukkan perintah Gedit yang ditujukan kedalam direktori interface sudo gedit/etc/network/interface.
  3. Tambahkan pengaturan konfigurasi ethernet bernama eth0 seperti dibawah ini.
auto lo 
iface lo inet loopbackauto eth0 inet static
address 192.168.0.8
network 192.168.0.0
netmask 255.255.255.0
broadcast 192.168.0.255
gateway 192.168.0.1

Selain dengan mengedit file seperti diatas, anda juga dapat melakukan konfigurasi TCP/IP menggunakan command line. Terdapat dua perintah untuk konfigurasi TCP/IP, yaitu iconfig dan route.
Untuk iconfig, anda dapat mengeksekusinya sebagai super user (sudo). Dengan sudo iconfig eth0 192.168.1.1, bcast 192.168.1.255, netmask 255.255.255.0

Konfigurasi TCP/IP di Linux Ubuntu
Pengaturan iconfig

Sedangkan untuk route, anda bisa mengeksekusinya sebagai super user (sudo) dengan sudo route add default gw 192.168.1.6 netmask 255.255.255.0

Konfigurasi TCP/IP di Linux Ubuntu
Pengaturan route
Untuk melihat routing tabel yang telah dibuat dapat dilakukan dengan perintah route -n . Sedangkan untuk menghapus gateway yang telah dibuat dapat dilakukan dengan perintah route del -net ...

Konfigurasi Melalui Tampilan Interface

Apabila anda ingin mengkonfigurasi jaringan dengan tampilan GUI (Graphical User Interface), Ubuntu juga telah menyediakan berbagai perangkat yang siap pakai. Caranya adalah sebagai berikut.
  1. Klik menu System, kemudian pilih Preference, lalu pilih Network Connections.
  2. Pada jendela Network Connections, klik tab Wired lalu klik tombol Add
  3. Karena menggunakan jenis jaringan DHCP, maka pada jendela Editing Auto eth0, klik tab IPv4 Setting. Jika anda menginginkan alamat IP otomatis yang diberika oleh server DHCP, maka pilih Automatic (DHCP) pada menu Method. Sedangkan jika anda ingin menentukan alamat IP sendiri , maka pilih Manual dengan mengisi kolom Address dengan 192.168.1.10 Netmask 255.255.255.0 gateway 192.168.1.6 . Jangan lupa beri tanda centang (√) pada kotak Connect automatically, Require IPv4 addressing for this connection to complete dan Available to all user. Kemudian klik Apply
Protected by Copyscape
Itulah langkah-langkah bagaimana cra konfigurasi TCP/IP di Linux Ubuntu. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar