Dapatkan informasi menarik seputar hobi, bisnis, tutorial, tips dan trik, serta edukasi dengan cara murah meriah

Senin, 25 September 2017

Cara Merawat Ayam Bangkok Berkualitas Super

CARA MERAWAT AYAM BANGKOK BERKUALITAS SUPER 


 Assalamualaikum Wr. Wb

 Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karna sudah mampir di gubuk reot admin. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips tentang "Ayam Bangkok". Iya, ayam bangkok,... Ayam super yang mempunyai pamor yang luar biasa di Indonesia khususnya bagi para pecinta ayam aduan. 
 Ayam ini memang banyak diminati oleh semua golongan karena ayam ini termasuk dalam kategori ayam super. Baik dari segi postur tubuh yang besar dan kekar maupun dari kualitas bulu yang dimilikinya. Tak heran jika dia memiliki banyak fans fanatik. Selain itu, ayam bangkok ini juga memiliki jalu pada kedua kakinya yang berfungsi sebagai alat pertahanan ketika sedang bertarung. Panjang jalunya sendiri bisa mencapai panjang 5 cm lebih. 
 Untuk harga per ekornya pun bisa dibilang fantastis. Anakan ayam bangkok berusia 4-5 bulan saja bisa mencapai harga Rp 100.000,- lebih tergantung kualitas ayam itu sendiri. Sedangkan untuk ayam dewasa berusia sekitar 7 bulan keatas bisa mencapai Rp 250.000,- lebih tergantung kualitas kaki terutama jalu dan juga kualitas warna bulu.
 Sedangkan perawatannya bisa dibilang gampang-gampang susah, jadi kita harus teliti dan hati-hati dalam perawatan. Mulai dari kandang yang harus terjaga kebersihannya dengan cara membersihkannya dari kotoran serta sisa-sisa pakan. Untuk perawatan anakan dan induknya pun berbeda. Kandang untuk anakan ayam bangkok harus dibersihkan secara teratur agar bibit ayam bangkok tidak mudah terserang penyakit. Usahakan kandang mendapatkan sinar matahari atau bisa juga dengan bantuan lampu agar anak ayam bangkok tidak kedinginan. Gak mau kan kalo bibitnya mati karena kedinginan. Sedangkan untuk kandang ayam bangkok dewasa selain harus bersih usahakan terkena sinar matahari langsung untuk mempercepat proses pertumbuhan.
 Pemberian pakan pun harus diperhatikan dengan baik. Pakan untuk bibit ayam bangkok biasanya menggunakan voor babi untuk mempercepat pembentukan tulang yang kokoh. Baru setelah sekitar 3 bulan bisa dicampur dengan dedak. Jangan lupa memberikan vitamin tambahan dengan cara mencampurkannya pada air minum agar kesehatannya tetap terjaga. Untuk ayam bangkok dewasa cukup dengan memberikan voor babi dicampur dedak serta air minum secukupnya bila perlu berikan vitamin tambahan.

 Yang tak kalah penting adalah perhatikan juga kondisi tempat tinggal, lingkungan dan cuaca di daerah tersebut. Apabila cuaca sedang panas maka untuk kandang anakan sebaiknya untuk mematikan lampu tambahan menghangatkan anakan ayam tersebut. Kemudian anda bisa menyalakannya pada saat sore hari hingga pagi hari. Hal ini bertujuan untuk menghindari timbulnya penyakit yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri yang akan menyerang bibit ayam bangkok. Lalu pada saat cuaca sedang dingin sebaiknya anda menyalakan lampu tambahan untuk menjaga agar kondisi kandang bibit ayam bangkok tetap hangat. Sehingga bibit tidak ada yang mati kedinginan.

 Demikian tips dan cara perawatan ayam bangkok agar berkualitas super. Selamat mencoba..... 
Protected by Copyscape

Tidak ada komentar:

Posting Komentar